script dewa

Selasa, 25 Januari 2011

SEMINAR KERELAWANAN INTERNASIONAL

SEMARANG, UNDIP. Jum’at , 7 Januari 2011 pukul 14.00WIB HMJ Ilmu Pemerintahan mengadakan seminar sekaligus penutupan HMJ Ilmu Pemerintahan periode 2010.
Seminar yang dihadiri pihak IIWC terdiri atas delegasi dari Indonesia, Korea, Belgia serta Jerman. Sambutan pertama di isi oleh Aulia Yovita selaku ketua HMJ Ilmu Pemerintahan bidang PJIP.
Masing masing perwakilan dari Jerman, Belgia, dan Korea melakukan sharing tentang Negara mereka. “I love Indonesia. The people are friendly and in here I feels like an artist because everybody look at me when I’m walking around them”. Ujar Karen (20) selaku perwakilan dari Jerman ketika ditanya apa pendapatnya mengenai Indonesia.

Delegasi Korea yang diketuai oleh Kim Jung Soeb memperkenalkan mengenai kebudayaan dari Negara Korea dengan memberikan penampilan dance dan taek won do.

Selanjutnya Mba Pujiati selaku ketua IIWC memberi pengetahuan menegenai IIWC .“IIWC merupakan LSM yang lebih berfokus pada pengembangan kepribadian”, jelas Mba Puji.

“Kegiatan IIWC saat ini seperti Mangkang yaitu Penanaman mangrove, mengunjungi tempat tempat kumuh , anak jalanan bahkan PSK, serta mengajar ke sekolah di beberapa daerah seperti Tegal Panas , Pasir Sari Pekalongan hingga IKIP PGRI Semarang. Hingga saat ini kegiatan IIWC meluas hingga mancanegara seperti Belanda, Kamboja, dsb.“ lanjut Mba Puji.

Ironisnya anggota dari Indonesia lebih sedikit dibandingkan anggota Negara lain . Bahkan kuota untuk Indonesia seringkali kekurangan anggota .Hingga saat ini perbandingan anggota dari Indonesia dengan negara lain berkisar 40% : 60%. Padahal IIWC merupakan LSM yang berasal dari negeri sendiri.

Tak hanya itu, bagi relawan asing yang datang ke Indonesia juga disulitkan dalam mengurus perijinan dari pengurusan kantor kepolisian dan RT/RW setempat. Oleh karena itu pemerintah dan masyarakat Indonesia janganlah memandang sisi buruk dari IIWC atau lebih dikenal dengan nama LSM ini. Sebenarnya kami disini lebih banyak melakukan kegiatan-kegiatan positif yang dapat mengangkat kesejahteraan masyarakat pinggiran.


SOURCE
http://www.majalahopini.com/2011/01/19/seminar-kerelawanan-iiwc-indonesia-international-work-camp/












1 komentar: